Sekilas Profil Boediono

BoedionoBoediono akhir-akhir ini hangat menjadi perbincangan publik. Terkait dengan pencalonan beliau sebagai cawapres (Calon Wakil Presiden) di pemilu presiden tahun ini mendampingi Capres Sosilo Bambang Yudhoyono.
Prof. Dr. Boediono,M.Ec adalah nama lengkap dari Boediono. Beliau lahir di Blitar, Jawa Timur, 25 Februari 1943. Boediono menjabat sebagai Gubernur Bank Indonesia dari tanggal 17 Mei 2008 sampai 17 Mei 2009 nanti. Namun Ia mngundurkan diri dari jabatannya (Gubernur Bank Indonesia) terkait pencalonanya sebagai cawapres (Calon Wakil Presiden) dari CaPres (Calon Presiden) Susilo Bambang Yudhoyono pada pemilu presiden 2009.
Sebelum menjabat Sebagai Gubernur bank Indonesia, Boediono menjabat Sebagai Mentri Koordinator Bidang Perekonomian pada kabinet Indonesia Bersatu (5 Desember 2005 - 17 Mei 2008). Sebelumnya Boediono juga pernah menjabat sebagai Mentri Keuangan Indonesia dalam Kabinet Gotong Royong (2001 - 2004) pada masa pemerintahan Presiden Megawati Sukarnoputri. Pada Kabinet Reformasi Pembangunan (1998 - 1999) pada Pimpinan presiden BJ Habibie, Boediono menjabat sebagai Mentri Negara Perencanaan dan Pembangunan Nasional/ Kepala Bappenas. Boediono juga pernah menjabat sebagai Direktur Bank Indonesia pada masa pemerintahan Soeharto. Dan Saat ini juga masih mengajar di Fakulotas Ekonomi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.
Boediono Beristrikan Herawati dan memiliki dua anak yaitu Ratriana Ekarini dan Dios Kurniawan. Jika terpilih, Boediono akan menjadi wakil presiden pertama yang berlatar belakang ekonomi dan non-partisan setelah Mohammad Hatta (wakil presiden pertama RI).
referensi : wikipedia.org