Ragam Layanan di Windows

Ragam Layanan di Windows

Di sini kita belajar lagi soal komputer. Yaitu mengenal ragam layanan yang ada di windows. Di dalam Sistem Operasi Windows terdapat berbagai macam layanan yang masing - masing layanan tersebut memiliki tugas dan fungsinya masing masing. Seperti halnya pada Registry, Pengaturan pada layanan harus dilakukan dengan hati - hati dan tidak bisa sembarangan. Karena apabila salah mematikan layanan bisa menyebabkan fitur windows gagal bekerja.

Namun sebaliknya, apabila semua layanan di aktifkan, windows malah akan menjadi lambat. Beban prosesor akan menjadi sangat tinggi dan penggunaan memori menjadi sangat tidak efektif. Alias BOROS.
Untuk itu kita selayaknya mengetahui mana layanan yang harus diaktifkan dan mana yang harus di nonaktifkan. Dibawah ada beberapa daftar layanan inti Windows beserta fungsinya.

Alter Alter adalah layanan yang berfungsi untuk menampilkan peringatan dari administrator. Alter akan tidak diperlukan apabila PC tidak terhubung di jaringan.

Automatic Updates adalah layanan yang menawarkan fasilitas update windows secara otomatis /automatic. Apabila PC tidak terhubung dengan internet lebihbaik matikan saja layanan ini.

Computer Browser adalah layanan yang bertugas mengelola daftar PC yang ada di MY NETWORK PLACE. Apabila PC tidak terhubung dengan internet, nonaktifkan saja layanan ini.

Index Service Adalah layanan yang bertugas membuat index file dan folder yang ada diPC Untuk mempercepat pencarian file. Nonaktifkan Layanan ini apabila jarang menggunakan fitur pencarian.

ClipBook adalah layanan untuk memudahkan pertukaran file melalui jaringan.

Messenger Layanan ini berfungsi untuk mengantarkan pesan yang dikirimkan melalui fitur net send. Non aktifkan saja apabila PC tidak terhubung dengan jaringan.

Eror Report Fungsinya untuk menyampaikan laporan kesalahan yang pernah terjadi dalam sistem di jaringan. Daftar eror yang pernah terjadi dapat kita lihat di EVENT VIEWER di Administrator Tools.

Server Layanan ini dibutuhkan untuk melakukan sharing file atau printer. Jika PC tidak terhubung di jaringan lebihbaik di nonaktifkan saja.

TCP/IP - NETBIOS Help. Layanan ini merupakan layanan NetBios dengan protokol TCP/IP. jika PC tidak terhubung ke jaringan nonaktifkan saja.

NetMeeting Remote Desktop Sharing. Layanan yang satu ini menawarkan pengendalian PC dengan NetMeeting lewat jaringan.

IPSEC Service Layanan ini menawarkan enkripsi terhadap koneksi ke server. Layanan yang ini tidak dibutuhkan kalau PC tidak terhubung dalam jaringan.

Remote Registri Layanan ini memungkinkan pengguna lain untuk memodifikasi registri dari jarak jauh.

Sistem Restore Service adalah fasilitas untuk memulihkan fungsional sistem.

Windows Firewall / Internet Connection Sharing (ICS) Layanan ini menawarkan "Benteng" bagi PC yang telah terinstal Service Pack 2 Windows XP. Layanan ini bisa di nonaktifkan apabila PC tidak terhubung ke internet.

Telnet telnet adalah layanan yang digunakan untuk mengakses komputer lain melalui protokol Telnet.

Windows Time Layanan ini diguknakan untuk melakukan sinkronisasi penyesuaian waktu dan tanggal dengan server waktu yang ada di internet.

Cukup sampai disini dulu ya,.kita sambung dilain waktu,. :D