Apa Itu Object Oriented Programming

Object Oriented Programming - Pemrograman berorientasi objek adalah merupakan sebuah metode yang digunakan untuk mendapatkan solusi dari suatu masalah melalui perspektif object. Object ini memiliki atribut dan method yang digunakan bersama dengan object yang lain sehingga menghasilkan solusi untuk sebuah permasalahan. -belajar java-

Perbedaan Pemrograman Prosedural dengan Pemrograman Berorientasi Object

Bagaimana kita membedakan mana yang pemrograman prosedural dan mana yang pemrograman berorientasi object. Berikut sekilas perbedaannya :

Pemrograman Prosedural
Pada pemrograman prosedural secara mendasar adalah metode pemrograman yang mengeluarkan perintah yang akan dieksekusi oleh komputer. Dan biasanya berupa baris baris program yang dieksekusi secara urut mulai dari baris atas hingga bawah. Teknik yang lebih canggih menggunakan prosedur dan fungsi yang menjadikan prosedural menjadi lebih moduler "terbagi menjadi bagian-bagian terkecil". Secara garis besarnya pemrograman prosedural menitik beratkan penyelesaian berdasarkan urutan-urutan proses kerja.

Pemrograman Berorientasi Objek
Pada pemrograman berorientasi object memungkinkan kita membagi-bagi permasalah berdasarkan object-oject yang terlibat. mendefinisikan peran masing masing objek dalam proses penyelesaian masalah. Sehingga dapat diambil suatu pokok dasar bahwa titik berat pemrograman berorientasi object adalah pembagian tanggung jawab kepada masing masing object dan bukan pembagian berdasarkan proses kerja.