Kenalan Dengan Virus yuk.,

Virus,adware,trojan,malware,spyware
Istilah Virus sudah tidak asing lagi di telinga kita. Aku sebelumnya dibingungkan dengan istilah-istilah yang menyeramkan ini : worm,spyware,trojan,adware,dan virus. Beruntung aku menemukan wangsit petunjuk dari sebuah majalah komputer(PC+). Sekarang kita mau membagikan apa yang ku baca kemaren. Sebetulnya istilah virus sudah menjadi umum. Nah,.Saking umumnya, nyaris seluruh perangkat lunak yang mengganggu komputer disebut dengan virus. Spyware dibilang virus,trojan dibilang virus,adware dibilang virus, worm juga dibilang virus. Padahal saudara-saudaraku sekalian, mereka bukan virus loch. Tetapi mereka bersama dengan virus disebut dengan istilah Malware.

Malware adalah suatu singkatan. malware adalah kepanjangan dari malicious software. Yang artinya kuranglebih adalah : Suatu perengkat lunak yang dibuat untuk mengganggu sistem pada Komputer. Dan biasanya maleware menyerangnya secara diam-diam tanpa kita ketahui. Ngeri ya?? hehe.,

Nah terus apa donk pengertian dari istilah - isilah tadi? worm,spyware,trojan,adware,dan virus.

Ayo kita telusuri setiap malware.,

  1. WORM malware ini bisa menggandakan dirinya sendiri untuk menyebar dijaringan. berbeda dengan virus, worm tidak perlu file induk. Worm bisa berupa file sendiri.
  2. SPYWARE kalo malware yang ini ditugaskan untuk mengumpulkan informasi yang ada di dalam PC tempat si Spyware berada.Informasi itu bisa berupa apa saja seperti : kebiasaan seseorang berinternet, nama pengguna, kata sandi, nomor kartu kredit,dan lain lainnya..ngeri nggak?.Namun biasanya Spyware tidak merusak sistem. Tapi kalau PC terhubung dengan internet, PC bisa menjadi terganggu karena spyware terus terusan mengirimkan informasinya.
  3. .TROJAN trojan dikirim oleh si pembuatnya sebagai sebuah perangkat lunak yang berguna bagi si pengguna PC. Padahal ada udang dibalik kuda. Dibalik perangkat lunak yang baik itu ada perangkat lunak yang lain yang merusak, mencuri ataupun berkelakuan lain yang sangat merugikan.
  4. ADWARE Adware ini singkatan dari Advertising-suported software. Maleware yang ini akan memunculkan iklan lewat, biasanya lewat jendela browser. Yang tentunya iklan - iklan ini bisa saja mengganggu aktifitas kita dalam berinternet ria.
  5. Yang terahir VIRUS. Virus mirip worm. Virus bisa menggandakan diri. Namun biasanya virus nebeng / membonceng file lain. Virus menggantikan file yang asli dengan file yang telah diinfeksinya.

gimana sobat?

Seringkali Sebuah malware merupakan kombinasi dari 2 atau lebih malware. Sebagai contoh sebuah permainan atau game yang ternyata ketika diinstal juga turut menginstalkan spyware.
Kemudian Spyware itu memanatau kebiasaan orang berinternet. Lalu Adware yang juga terinstal akan menampilkan iklan sesuai dengan data yang diberikan si Spyware.

Sebagai tambahan, Salah satu penyebaran malware yang paling cepat adalah melalui email. Biasanya malware dilampirkan pada email. Dengan berbagai cara, hacker berusaha membuat penerima mail membuka lampiran dalam email yang dia kirimkan.