Skimmer Alat Pembobol ATM, Tips Aman dari Aksi Skimming

Skimmer Alat Pembobol ATM | Tips Aman dari Aksi Skimming - Apa sih skimmer itu? Skimmer adalah alat verifikasi data saat pemilik kartu menjalani transaksi pembayaran. Saat kartu kredit digesek pada Skimmer ini, maka seluruh data akan berpindah dan terekam.Waw hebat ya,. hehe. Hebatnya lagi satu skimmer bisa menyimpan data sampai 2.000 kartu. Ironisnya, skimmer ternyata dijual bebas di sejumlah pusat perbelanjaan dengan harga Rp 1,5 juta.
Skimmer pada ATM
Alat yang dinamakan Skimmer ini dibuat sedemikian rupa sehingga terlihat rapi dan nasabah awam akan menganggapnya tidak ada yang ganjil. Dan biasanya tak hanya skimmer saja, adalagi alat yang berpasangan dengan skimmer ini. Yaitu sebuah kamera kecil yang tertuju ke keyboard yang ada di ATM. Hal ini ditujukan untuk merekam data id atau PIN yang ada di kartu ATM sang korban (nasabah). Spycamp atau kamera tersembunyi ini memang sekilas tidak terlihat biasanya ditempatkan tidak jauh dari mesin atm. Biasanya terletak di box yang disediakan untuk wadah brosur. Seperti terlihat pada gambar di bawah.
kamera pengintai atmspycamp atm skimmer

Berikut salah satu penyamaran skimmer yang dipasang di ATM :
Skimmer ATM
Gambar 1 adalah wujud skimmer yang dipisahkan dari slot asli.
Gambar 2 setelah kedua alat ini disatukan, terlihat sempurna kan?.
Lalu bagaimana tips menghindari yang namanya Skimmer / penyalahgunaan skimmer?
Berikut tips untuk menghindari dari aksi skimming : (sumber: detiknews)
  • Kenali mesin ATM yang digunakan dengan baik.
  •  Kalau bisa, gunakan ATM di lokasi yang sama sesering mungkin sehingga akan terlihat jika terjadi perubahan.
  •  Perhatikan bila ada hal aneh pada mesin ATM seperti goresan, bercak, selotip, bekas lem dan hal-hal mencurigakan lainnya.
  •  Jika menemukan perubahan atau keganjilan pada ATM, laporkan pada pihak Bank dan tunda/jangan lakukan transaksi.
  •  Upayakan untuk mengakses ATM yang ada di dalam bank atau di lokasi yang ramai dan terang untuk meminimalisir risiko.
  •  Untuk penggunaan kartu di luar ATM (pada tempat belanja atau restoran) selalu perhatikan apa yang dilakukan petugas pada kartu dan tanyakan jika ada perilaku yang aneh.
  •  Jika digunakan saat berbelanja, kartu harusnya hanya digesekkan pada mesin resmi dan mesin kasir, tanyakan pada petugas bila menggesekkan kartu ke alat lain (terutama jika alat itu ada di tempat tersembunyi seperti di balik meja).
Tips tambahan menghindari aksi skimming / pembobolan mesin atm:
  • Lindungi kerahasian PIN ATM anda dengan menutupi dengan tangan ketika memasukkan PIN sehingga PIN tidak terlihat orang lain atau spycapm / kamera tersembunyi yang ditujukan untuk merekam gerakan jari saat memasukkan PIN.
  • Jangan mudah percaya dengan bantuan orang lain di sekitar ATM atau orang yang mengaku petugas ATM.
  • Segera blokir kartu ATM bila menemukan kejanggalan transaksi (hubungi pihak Bank).
Demikianlah sekilas tentang aksi skimming yang akhir-akhir ini marak menimpa banyak korban. Semoga menjadikan pengetahuan dan kita tidak menjadi korban aksi skimming selanjutnya. terimakasih  

1 comments:

new car reviews said...

terimakasih atas informasinya...

Post a Comment