Struktur registri Windows

Registri merupakan basis data milik widows. Didalam Registri terdapat sebanyak enam buah key yang mewakili fungsi dan kegunaanya masing – masing.

Diantaranya adalah :

HKEY_CLASSES_ROOT

Isi dari key ini adalah informasi mengenai asosiasi file, fitur drag and drop informasi object linking and embedding (OLE), shortcut Windows, dan aspek kredensial tentang profile tiap – tiap user di sistem operasi dari PC.



HKEY_CURRENT_USER

Isi key ini berhubungan langsung dengan HKEY-USERS dan menyimpan data informasi tentang login user pada PC, pengaturan desktop dan menu start, serta pengaturan masing – masing pengguna pada sistem operasi PC tersebut.


HKEY_LOCAL_MACHINE

Key ini menyimpan informasi mengenai tipe perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan preferensi (preferense), yang lain yang ada di sebuah PC. Informasi pada key registry ini digunakan secara umum oleh setiap pengguna PC yang login ke sistem operasi.


HKEY_USERS

Key ini berisi pengaturan indifidual masing – masing pengguna yang ada pada sebuah PC, dan tiap yang ada diwakili oleh SID key yag terletak dibawah cabang utama key tersebut.


HKEY_CURRENT_CONFIG

Isi dari key ini mengarah pada HKEY_LOCAL_MACHINE yang berguna untuk sinkronisasi dari perangkat keras yang digunakan pada sebuah PC. Key ini dicptakan terkait dengan sistem operasi yang ada berikut dengan driver dan aktualisasi penggunaannya.


HKEY_DYN_DATA

Key yang terahir ini mengarah langsung dan bekerja ama secara penuh dengan cabang HKEY_LOCAL_MACHINE untuk mengaktifkan opsi layanan plug and play. Opsi ini berjalan otomatis bla adasebuah perangkat keras tertancap kedalam sebuah PC yang sedang aktif digunakan.



Masing – masing key tersebut memiliki banyak data yang diperlukan untuk kelangsungan hidup Windows. Setiap data disimpan dalam sebuah kerangka yang berbeda tipe datanya. Dalam sistem operasi windows dikenali ada setidakya lima buah tipe data. Diantaranya :

REG_SZ (String Value) : tipe data ni dibuat untuk menampung data dalam bentuk string.

REG_BINARY (Binary Value) : tipe data inimenampung nilai data biner secara mentah, sebab kebanyakan komponen perangkat keras PC menyimpan informasi dengan data biner dan bias ditamplkan dengan editor dalam format heksadesimal.

REG_DWORD (Dword Value) : Tipe data ini menampilkan data dengan format angka 4 byte dan basanya menggunakan nilai Boolean seperti angka “0” untuk disable atau “1” untuk enable. Biasanya untuk semua parameter perangkat keras dan layanan windows bias ditampilakan oleh tipedata regstriini.

REG_MULTI_SZ (Multi String Value) : merupakan tipe data yang mengandung banyak lidt atau nilai yang bervariasi, dan tipe entri tersebut dipisah oleh karakter null. Tipe data ini hanya bias dibaca jika egistri dibuka melalui program regedit32.exe.

REG_EXPAND_SZ (Expandable String Value) : tipe data ini memperluas data string yang memuat variabel yang diubah bila sedang dipakai oleh sebuah aplikasi daam windows.


0 comments:

Post a Comment