3GP Video

3GP
Ada yang sempet tanya ke agen soal 3GP. Mari kita bahas soal 3GP. 3GP biasanya digunakan pada telpon genggam (hp) untuk menyimpan dan menampilkan format multimedia (suara dan video). 3gp adalah format file video yang lebih sederhana dibandingkan format versi "ISO 14496-1 (MPEG-4)".

File 3GP adalah adalah bentuk simple atau ringkas dari format MPEG-4 Part 14 (MP4), yang dibuat untuk memperkecil besar dari ukuran file dan bandwidth sebuah telpon genggam.
3GP mempunyai 2 bentuk format standarnya yaitu :

3GPP untuk GSM-based Phones, dengan filename extension .3gp
3GPP2 untuk CDMA-based Phones, dengan filename extension .3g2

File 3GP bisa di lihat di komputer yang berbasis Windows,Linux, dan Mac dengan menggunakan MPlayer dan VLC media player. Selain itu juga dapat menggunakan Media Player Classic, Totem, RealPlayer, QuickTime, and GOM Player. Yang kesemua player tersebut bisa didownload secara gratis. Bila anda lebih memilih menyaksikannya file 3gp lewat layar komputer, kita bisa juga menggunakan software REAL PLAYER. Atau biasa juga dengan k-lite player.

K-lite codec pack akan meregister semua jenis codec yg disupport agar terintegrasi ke sistem sehingga bisa digunakan oleh semua program playback yg mensupport penggunaan codec secara bersama, yang mana program secara otromatis mencari di register windows codec yang dibutuhkan.

Format video 3gp sekarang banyak sekali digunakan, karena file video dengan format ini (3GP) memiliki ukuran yang kecil dan cocok sekali bila ingin menyimpan koleksi video pada perangkat handphone. Dan kebanyakan sekarang hampir disemua HP yang mempunyai fitur multimedia, menggunakan format video 3GP.