Tips Sehat Membuat Jus

Tips Sehat Membuat JusTips Sehat Membuat Jus. Dengan mengkonsumsi sari buah buahan dan sayuran dalam bentuk jus memang sangat segar apalagi jus tersebut sesuai dengan selera kita. Karena selain mengandung banyak / kaya akan vitamin dan serat tentu akan sangat bermanfaat untuk kesehatan kita. Tetapi ada beberapa cara yang harus diperhatikan pada saat kita membuat jus agar kandungan vitamin dari buah buahan dan sayuran tersebut yang akan kita buat jus dapat kita manfaatkan dengan optimal.


Berikut Tips - tips nya :



1. Jangan menambahkan air

Sudah menjadi kebiasaan kalau selama ini pada saat kita membuat jus selalu menambahkan sedikit air seperti mangga, sirsak dan buah buhan lainnya dengan tujuan agar mudah untuk meminumnya. Namun hal tersebut sebenarnya bisa mengurangi kandungan vitamin pada buah yang akan kita konsumsi. Solusinya sebaiknya tambahkan saja dengan buah yang kadar airnya lebih banyak seperti jeruk, tomat, melon, semangka ataupun nanas. Hal ini justru akan lebih memperkaya kandungan vitamin jus yang akan kita konsumsi.

2. Segera Meminumnya
Diusahakan untuk segera kita minum hasil jus yang akan kita buat. Ini agar menjaga kandungan vitamin dan serat yang ada pada buah dan sayuran masih terasa segar. Jadi, buatlah jus beberapa menit sebelum kita berniat untuk mengkonsumsi jusnya.

3. Mendinginkan jus
Kebanyakan untuk mendapatkan jus yang dingin kita terlebuh dahulu membuat jus dari buah yang kita pilih, setelah itu kita simpan kedalam kulkas atau menambahkansedikit es batu kedalam jus. Hal itu justru akan merusak kandungan vitamin yang terdapat pada jus yang kita buat. Ada baiknya kita menyimpan dahulu buah buahan atau sayuran yang akan kita buat jus secaara utuh kedalam kulkas setelah dingin barulah kita buat jus.Setelah siap minumlah segera agar kandungan vitaminnya tetap optimal.

4. Membuat Jus Untuk Sekali Minum
karena kandungan vitamin pada buah buahan dan sayuran mudah rusak, ada baiknya kita membuat jus untuk sekali minum dan jangan banyak banyak untuk kita simpan. Karena akan mengurangi kandungan vitamin yang ada pada buah yang kita buat jus.

5. Bereksperimen lebih Nikmat
Kita dapat bereksperimen dengan mencampur buah buahan maupun sayur untuk mendapatkan rasa yang lezat dari sari jus tersebut. Contohnya tomat dengan wortel, mangga dengan nanas, maupun buah atau sayuran lainnya yang bisa kita campurkan untuk mendapatkan rasa lezat pada jus.

6. Mengkonsumsi yang kaya serat
Jika kita akan mengkonsumsi vitamin serta serat dari sari buah buahan dan sayuran, ada baiknya kita juga mengkonsumsi ampas dari buah - buahan ataupun sayuran yang telah kita buat jus. Karen serat sangatlah penting bagi pencernaan tubuh kita.

Demikianlah tips sehat dalam membuat jus. Banyak mengkonsumsi buah dan sayur menjadikan tubuh kita tercukupi akan vitamn dan serat. Semoga bermanfaat.